KUMPULAN MAKALAH EKONOMI TENTANG PENAWARAN BARANG



MAKALAH EKONOMI
DENGAN JUDUL
PENAWARAN BARANG

BAB I
PENDAHULUAN

                 Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang yang berarti besarnya bahwa untuk menyayangi sesuatu kita harus mengenalinya ter lebih dahulu. Demikian pula dengan ilmu ekonomi harus mengenalnya terlebih dahulu, apa sebenarnya ilmu ekonomi itu?

                 Ilmu ekonomi adalah

Sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan bahwa ilmu ekonomi sangat berguna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

                 Demikian ilmu pengatahuan menempatkan kedudukannya sejajar dengan ilmu lain. Jadi tidak heran apabila suatu saat berhasil ditemukan metode-metode baru dan teknologi baru. Karena iptek masih akan harus berkembang dan di kembangkan.

1.1    Latar Belakang
                 Makalah ekonomi ini penulis susun berdasarkan buku pegangan ekonomi
Yang bermanfaat bagi manusia seperti penawaran barang.
                 Penawaran barang merupakan suatu hal yang positif yang ada didalam kehidupan sehari-hari, untuk itu setiap orang tentu mengenal apa itu penawaran barang. Semoga dengan diuraikannya keterangan pada pembaca dan dapat memahami lebih dalam.

1.2    Permasalahan Makalah
            Adanya Hukum Penawaran
                 Dari segi penawaran hasil menunjukkan bahwa antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan mempunyai hubungan yang erat. Hubungan tersebut akhirnya dirumuskan menjadi hukum penawaran yang berbunyi
“Perubahan harga mempunyai pengaruh yang sejalan dengan perubahan penawaran”

1
Maksudnya waktu  harga  barang naik, penawaran  ikut  naik, apabila  harga  barang 

turun, penawarn ikut turun,

1.3    Tujuan
                 Penulis mempunyai tujuan dalam makalah ekonomi yaitu agar para pembaca dapat mengatahui latar belakang proses penawaran barang dan cara-caranya.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Penawaran Barang
                 Penawaran barang adalah jumlah barang atau jasa tertentu yang akan dijual pada waktu dan tingkat harga tertentu. Jumlah tersebut merupakan gabungan penawaran barang tertentu dari seluruh produsen yang terdapat di daerah tertentu.

2.2    Jenis Penawaran
                 a.    Penawaran Individu.
Penawaran Individu adalah penawaran yang dilakukan oleh suatu barang produsen atau penjual.
                 b.    Penawaran Pasar.
Penawaran Pasar adalah penjumlahan penawaran individu.

2.3    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran.
a.       Harga barang atau jasa.
b.      Harga input atau biaya produksi.
Harga input turut mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Ketika  tenaga kerja, modal, bahan baku, dan bahan pembantu naik. Produsen akan terdorong akan mengurangi kuantitas  yang ditawarkan karena menanggung biaya yang lebih besar.
c.   Teknologi Produksi
Teknologi produksi yang digunakan ikut mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan sehingga mempengaruhi penawaran.


BAB III
PENUTUP


3.1    Kesimpulan
                 Penawaran barang sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu, misalnya per hari, perbulan, dan pertahun, maka dari itu penulis menyimpulkan bahwa barang yang ditawarkan bisa berbeda dengan jumlah yang benar-benar dijual.

3.2    Saran
                 Demikianlah makalah ini saya susun dengan baik. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Penulis menyadari makalah ini masih banyak kekurangan, maka penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun untuk menyempurnakan makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA


Dra. Hj. Sukwiati, Drs. H. Sudirman Jamal, Drs Slamet Sukamto. Ekonomi SMA kelas X Edisi Pertama Cetakan Kedua November 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar