Contoh PKP Terbaru


L A P O R A N

PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(P K P)

TENTANG

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA  DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  GAYA GRAVITASI KELAS V SEMESTER II
 DI SDN 1 ……………………………………

DAN

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA  DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR    PROKLAMASI  KEMERDEKAAN KELAS V  SEMESTER II DI SDN 1 ………………………………………….
TAHUN 2010



O L E H


                           NAMA                                 :                                
   NIM.                                    : 
PROGRAM SETUDI          : S.I PGSD
MASA UJIAN                     :
KELOMPOK BELAJAR    :


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG
TAHUN 2010

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN



Nama Mahasiswa         :  
NIM                             :  
Program Setudi            :   S.1 PGSD
Tempat Mengajar         :          
Jumlah Pembelajaran   :   2 Pembelajaran /siklus
Tempat Pelaksanaan    :  
Waktu Pelaksanaan      :  



JUDUL EKSAKTA   IPA

PENGGUNAAN  LEMBAR  KERJA  SISWA  DAPAT  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  GAYA GRAFITASI  KELAS V  SEMESTER II DI
SDN 1  ……………………………………..

JUDUL NON EKSAKTA   IPS

PENGGUNAAN  LEMBAR  KERJA  SISWA  DAPAT  MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR   PROKLAMASI   KEMERDEKAAN   KELAS V SEMESTER II DI SDN ……………………


Disahkan  tanggal       :  ………………….



Pembimbing   I




______________________       
Pembimbing  II




 ___________________

Mengetahui
Kepala UPBJJ-UT




_____________________












KATA  PENGANTAR



Profesionalisme guru dapat tercapai jika guru itu sendiri berusaha untuk memenuhi tuntutan perkembangan di dunia pendidikan. Dalam hal ini guru harus meningkatkan pengetahuanya dibidang pendidikan baik melalui jalur pendidikan  formal maupun non formal
Pemantapan   Kemampuan  Profesional  (PKP)   adalah   suatu   tugas  yang  harus  diselesaikan  oleh  semua  Mahasiswa   Universitas   Terbuka    kususnya   mahasiswa  S 1  PGSD.  Berpijak  dari hal tersebut diatas maka laporan  ini  dibuat  bermuara   dari Pemantapan  Kemampuan Profesional  melalui  kegiatan Penelitian  Tindakan Kelas  (PTK),   Laporan ini  juga  dibuat  sebagai   persyaratan   mengikuti   ujian semester  sepuluh  pada Mata Kuliah  PKP (PDGK  4501)
Selanjutnya penulis   menghaturkan  terimakasih   setulusnya atas  segala  bantuan  baik moril  maupun matriel  dari semua pihak yang  membantu  sehingga  laporan ini  dapat dibuat dari perencanaan  sampai selesai.
Akhirnya penulis   menyadari  keterbatasan   sehingga  masih banyak kekurangan  disana-sini. Untuk itu penulis berharap saran dan kritik   dari  semua pihak   untuk perbaikan  pada hari yang akan   datang







Rumbia, 25  Mei  20
               Penulis





---------------------------
                                              

DAFTAR  ISI





HALAMANSAMPUL………………………………….………..
HAAMAN PENGESHAN ………………………………………
KATA PENGANTAR……………………………………………
DAFTAR ISI…………………………………………….……….


BAB I       PENDAHULUAN ………………………………………
                 A.  1. Latar Belakang ……………………………………
.                      2. Identifikasi Masalah ………………………………
                       3. Analisis Masalah ………………………………….
                 B.  Rumusan Masalah………..…………………………..
                 C.  Tujuan Peneitian perbaikan Pembelajaran …………..
   D.  Manfaat  Peneitian perbaikan Pembelajaran  ………..                             
                
BAB  II    KAJIAN PUSTAKA  ……………………………………

BAB  III   PELAKSANAAN PERBAIKAN  PEMBELAJARAN
     A.  Subjek Penelitian……………………………………..
                 B.  Diskripsi persiklus.  ……………………………….....
                      1.  RencanaPerbaikan…………………………………
                      2.  Pelaksaaan perbaikan………………………………
                      3.  Pengamatan pengumpulan data / instumen……….
                      4.  Refleksi

BAB  IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
      A.  Diskripsi persiklus.  ………………………………...
      B.  Pembahasan dari setiap siklus

BAB  V    KESIMPULAN DAN TINDAK  LANJUT
                 1.  Kesimpulan ………………………………………..
                 2.  Saran dan Tindak Lanjut …………………………..

DAFTAR  PUSTAKA …………………………………………..

LAMPIRAN – LAMPIRAN ……………………………………….
Lampiran  1    Rencana Perbaikan  pembelajaran  …………………
Lampiran  2    Lembar pengamatan ……………………………......
Lampiran  3    Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG-PKP 1)……
Lampiran  4    Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG-PKP 2)…..
Lampiran  5  Format kesediaan sebagai teman sejawat………………
Lampiran  6   Surat pernyataan……………………………………….

Halaman
i
ii
iii
iv



1
1
2
2
3
3

5


11
11
12
13
14
14


15
17
15

19
19

21

21
22
24

25
27
30
31


BAB I
PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang

Keberhasilan proses pembelajaran dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajarsetiap mata pelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 hasil ulangan mata pelajaran IPA kelas V  dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa terhadap setiap mata pelajaran. Dari data yang ada hanya 10 orang, dari 30 siswa di kelas V yang diprediksi hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan prestasi hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar