L A P O R A N PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL (P K P) TENTANGPENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAYA GRAVITASI KELAS V SEMESTER II DI SDN 1 …………………………………… DAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SEMESTER II DI SDN 1 …………………………………………. TAHUN 2010 O L E H NAMA : NIM. : PROGRAM SETUDI : S.I PGSD MASA UJIAN : KELOMPOK BELAJAR : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TERBUKAUPBJJ-UT BANDAR LAMPUNG TAHUN 2010 LEMBAR PENGESAHANNama Mahasiswa : NIM : Program Setudi : S.1 PGSD Tempat Mengajar : Jumlah Pembelajaran : 2 Pembelajaran /siklus Tempat Pelaksanaan : Waktu Pelaksanaan : JUDUL EKSAKTA IPA PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAYA GRAFITASI KELAS V SEMESTER II DI SDN 1 …………………………………….. JUDUL NON EKSAKTA IPS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V SEMESTER II DI SDN ……………………
Mengetahui Kepala UPBJJ-UT _____________________ KATA PENGANTAR Profesionalisme guru dapat tercapai jika guru itu sendiri berusaha untuk memenuhi tuntutan perkembangan di dunia pendidikan. Dalam hal ini guru harus meningkatkan pengetahuanya dibidang pendidikan baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) adalah suatu tugas yang harus diselesaikan oleh semua Mahasiswa Universitas Terbuka kususnya mahasiswa S 1 PGSD. Berpijak dari hal tersebut diatas maka laporan ini dibuat bermuara dari Pemantapan Kemampuan Profesional melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Laporan ini juga dibuat sebagai persyaratan mengikuti ujian semester sepuluh pada Mata Kuliah PKP (PDGK 4501) Selanjutnya penulis menghaturkan terimakasih setulusnya atas segala bantuan baik moril maupun matriel dari semua pihak yang membantu sehingga laporan ini dapat dibuat dari perencanaan sampai selesai. Akhirnya penulis menyadari keterbatasan sehingga masih banyak kekurangan disana-sini. Untuk itu penulis berharap saran dan kritik dari semua pihak untuk perbaikan pada hari yang akan datang
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Keberhasilan proses pembelajaran dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajarsetiap mata pelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 hasil ulangan mata pelajaran IPA kelas V dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa terhadap setiap mata pelajaran. Dari data yang ada hanya 10 orang, dari 30 siswa di kelas V yang diprediksi hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan prestasi hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. |
Contoh PKP Terbaru
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar