14 Prinsip Manajemen Henry Fayol

14 PRINSIP MANAJEMEN HENRY FAYOL


1. Pembagian Kerja (Division of Labour)
Pembagian kerja harus dipikirkan agar mengarah pada spesialisasi. Semakin seseorang terspesialisasi, maka akan semakin efisien dan efektif orang tersebut dalam melaksanakan pekerjaan.

2. Otoritas atau wewenang (Authority)
dalam pelaksanaan tugas, manajer harus memberikan perintah kepada bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan. Meskipun manajer memiliki otoritas untuk memerintah , tetapi belum tentu ia akan mendapat respon yang positif dari bawahannya jika ia tidak memiliki otoritas pribadi.

3. Disiplin
Angota organisasi harus patuh pada aturan dan kesepakatan yang menjadi rambu-rambu organisasi. Menurut Henry Fayol, disiplin merupakan hasil kepemimpinan yang baik di semua jenjang organisasi.

4. Kesatuan Perintah
Setiap karyawan hanya mendapat satu perintah untuk suatu pekerjaan. Henry Fayol mengatakan bahwa jika ada karyawan yang bertanggungjawab kepada beberapa atasan akan mengakibatkan petunjuk yang bertentangan.

5. Kesatuan Arah
kegiatan-kegiatan yang terjadi dalam organisasi yang mempunyai tujuan sama sebaiknya ditangani oleh seorang manajer dengan menggunakan satu perencanaan saja.

6. Mengutamakan Kepentingan bersama diatas kepentingan Pribadi

7. Pemberian Upah (Remuneration)
Pemberian balas jasa haruslah adil dan baik bagi karyawan maupun perusahaan sendiri.

8. Pemusatan
Pengambilan keputusan yang banyak menggunakan pertimbangan atasan disebut sentralisasi. Sebaliknya keputuan dengan menampung aspirasi bawahan disebut desentralisasi.

9. Jenjang Jabatan
Jenjang jabatan dalam suatu organisasi sering digambarkan dengan garis-garis yang rapi dalam bagan organisasi. bagan ini menunjukkan kedudukan dari puncak sampai dengan jenjang terbawah.

10. Tata Tertib (Order)
Sarana dan manusia harus berada di tempat dan waktu yang tepat. Manusia harus berada pada pekerjaan yang cocok baginya.

11. Kesamaan (Equity)
Para manajer harus bersahabat dan adil terhadap semua karyawannya.

12. Kestabilan Staff
Perputaran karyawan yang terlalu sering tidak baik bagi kelancaran kegiatan perusahaan.

13. Inisiatif
Bawahan harus diberi kebebasan untuk membuat dan menjalankan rencananya, walaupun bisa saja terjadi kesalahan

14. Semangat Korps
Menggalakkan semangat kerjasama kelompok dapat membuat dan menimbulkan semangat rasa bersatu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar