Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan

 Semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia tak kenal menyerah sampai akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka. Semangat bangsa Indonesia juga dilandasi oleh keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan keikhlasan untuk berkorban.

      Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus memiliki hati yang kuat, kesanggupan dan kemampuan yang luar biasa. Tanpa semua itu bangsa Indonesia tidak akan dapat mampu merebut, mempertahankan, dan merdeka dari para penjajah, tetapi saat ini semangat nasionalisme warga negara Indonesia semakin surut dikarenakan pengaruh globalisasi.

      Pengaruh Globalisasi ditandai oleh kuatnya pengaruh lembaga-lembaga kemasyarakatan internasional, negara-negara maju ikut campur dalam mengaur sistem perpolitikan, perekonomian, sosial budaya serta pertahanan keamanan dunia. Globalisasi juga ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang informasi, komunikasi dan transportasi yang dapat membuat dunia menjadi transparan seolah-olah menjadi sebuah kampung tanpa mengenal batas dan juga dapat merubah pola pikir, sikap, dan tindakan masyarakat Indonesia.

      Semangat Nasionalisme itu sangat penting, sehingga kita tetap memiliki wawasan dan kesadaran bernegara, sikap dan perilaku yang cinta tanah air, dan mengutamakan persatuan serta kesatuan bangsa dalamrangka bela negara demi tetap utuh da tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar