Fungsi Thermostat

Fungsi katup thermostat adalah untuk menahan air pendingin agar bersirkulasi hanya pada mesin apabila suhunya masih rendah dan membuka saluran dari mesin ke radiator agar terjadi sirkulasi air pendingin dari mesin ke radiator dan dari radiator ke mesin pada saat mesin telah mencapai suhu kerjanya.
thermostat
Gambar Kontruksi Thermostat
Temperatur cairan pendingin tergantung dengan mesin. Pada umunya efisiensi operasi mesin yang tertinggi, adalah bila temperaturnya kira kira pada 80 sampai 90 derajat celcius. Thermostat adalah semacam katup yang membuka dan menutup secara otomatis sesuai suhu mesin. Thermostat dipasang antara radiator dan sirkuit pendingin mesin. Apabila temperatur pendingin rendah, katup menutup untuk mencegah air tidak masuk ke raidator, sehingga dengan ini diharapkan temperatur kerja mesin cepat tercapai. Apabila temperatur sudah tinggi katup akan membuka dan dengan demikian air pendingin dapat mengalir ke radiator untuk didinginkan, sehingga temperatur mesin dapat terjaga.

Thermostat dioperasikan oleh wax sealed yang ada pada silinder, volume wax ini berubah ubah yang disebapkan oleh temperatur. Perubahan volume dalam wax menyebapkan silinder bergerak turun atau mengakibatkan katup membuka atau menutup. Thermostat dilengkapi dengan jiggle valve yang digunakan untuk mengalirkan air dari sistem pendingin saat menambahkan cairan pendingin ke dalam sistim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar