Sifat Utama Oli Mesin

Oli Mesin dalam sistem pelumasan mempunyai beberapa fungsi, diantaranya :
1. Melumasi secara kontiyu komponen-komponen mesin yang bergerak untuk mengurangi gesekan sehingga tidak kehilangan tenaga dan meminimalizir terjadinya  keausan dan kerusakan komponen.
2. Untuk membentuk lapisan oli (oil film) dan mencegah kontak langsung antara permukaan logam yang satu dengan logam yang lainnya. Serta Mengurangi gesekan dan mencegah keausan serta panas.
3. Oli juga berfungsi untuk mendinginkan bagian-bagian mesin.
4. Dsb

Oli mesin memiliki beberapa sifat utama, berikut ini sifat sifat utama dari oli mesin :
1. Sebagai Pelumasan
Oli mesin salah satunya berfungsi untuk melumasi permukaan bagian bagian mesin yang bergesekan atau bersinggungan, dengan cara membentuk lapisan oli (oli film). Oil film tersebut berfungsi mencegah kontak langsung antara permukaan metal dan membatasi keausan dan kehilangan tenaga.

2. Bersifat Pendingin
Selain sebagai pelumasan, oli mesin juga bersifat pendingin. Pembakaran yang menghasilkan panas dan komponen mesin juga akan ikut menjadi panas. Hal ini akan dapat menyebapkan keausan yang relatif lebih cepat dari biasanya, karena apa? Komponen yang terbuat dari logam, ia akan cenderung memuai apabila terkena panas, nah jika sudah memuai maka komponen komponen tersebut akan memiliki koofesien gesek yang besar, dan dapat menyebapkan lebih cepatnya keausan daripada komponen. Maka, dari itu di dalam mobil terdapat sistem pendinginan, ditambah lagi ada oli yang mempunya sifat sebagai pendingin, untuk melakukan hal tersebut oli mesin harus terus di sirkulasikan di sekeliling kompenen komponen agar dapat menyerap panas dan meradiasikannya keluar dari mesin.

3. Sebagai Perapat
Oli mesin membentuk semacam lapisan antara piston dan silinder. Ii berfungsi sebagai perapat yang dapat mencega hilangnya tenaga mesin. Sebaliknya apabila ada kebocoran maka gas campuran udara dan bahan bakar yang di kompresikan atau gas pembakaran akan menekan di sekeliling piston dan masuk ke dalam bak engkol (oil pan) dan ini berarti akan menyebapkan kehilangan tenaga, dan pasti bahan bakar akan menjadi boros.

4. Sebagai Pembersih
Kotoran yang ada di mesin, akan mengendap bersama dengan komponen mesin. Hal ini akan dapat menambah pergesekan dan bisa saja menyumbat saluran oli. Oli mesin akan membersihkan kotoran yang menempel untuk mencegah tertimbumnya kotoran di dalam mesin.

5. Sebagai Penyerap Tegangan
Oli menyerap dan menekan tekanan lokal yang beraksi pada komponen yang di lumasi, serta melindungi agar komponen tersebut tidak menjadi tajam saat terjadinya gesekan-gesekan pada bagian bagian yang saling bersinggungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar