Teknik Pembuatan Gerabah

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat gerabah adalah tanah liat. Sebelum dibuat gerabah, tanah liat tersebut diproses terlebih dahulu dalam beberapa tahapan. Selain itu, ada juga bahan tambahan lain, yaitu kaolin. Tanah liat - yang sudah siap kemudian dibentuk dengan tangan langsung atau menggunakan alat putar.
Bentuk gerabah yang akan dibuat disesuaikan dengan fungsi benda tersebut saat digunakan. Ada gerabah yang digunakan untuk alat memasak seperti periuk dan belanga, ada yang digunakan untuk menyimpan air atau beras seperti tempayan, ada yang digunakan untuk menyimpan air minum seperti kendi, dan ada yang digunakan untuk hiasan seperti guci dan vas bunga.
Peralatan yang digunakan untuk membuat gerabah, antara lain pisau cukil yang terbuat dari kayu/bambu, sundip yang terbuat dari kawat, butsir dengan tangkai kayu, tali pemotong, meja putaran (subang pelarik), kayu salab atau kayu rol penggilas, dan pisau.

1.    Teknik Lempeng
Teknik lempeng (slabing) merupakan teknik yang digunakan untuk membuat benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata. Teknik ini diawali dengan pembuatan lempengan tanah liat dengan menggunakan rol kayu penggilas. Setelah menjadi lempengan dengan ketebalan yang sama, kamu dapat memotong dengan pisau atau kawat sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

2.    Teknik Pijat (Pinching)

Teknik pijat (pinching) merupakan teknik membuat keramik dengan cara memijat tanah liat langsung menggunakan tangan. Tujuan dari penggunaan teknik ini adalah agar tanah liat lebih padat dan tidak mudah mengelupas sehingga hasilnya akan tahan lama. Proses nya dilakukan sebagai berikut:
a.    Ambil segumpal tanah liat plastis.
b.    Tanah liat tersebut diulet-ulet dan dipijit-pijit dengan ibu jari sambil dibentuk sesuai dengan bentuk benda yang kamu inginkan.
c.    aluskan menggunakan kuas atau kain halus.

3.    Teknik Pilin (Coiling)

Teknik pilin (coiling) adalah cara membentuk tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibentuk seperti tali. Cara melakukan teknik ini adalah segumpal tanah liat dibentuk pilinan dengan kedua telapak tangan.

4.    Teknik Putar (Throwing)
Teknik Puter Gerabah
Untuk membuat gerabah dengan teknik putar (throwing), kamu memerlukan alat bantu berupa subang pelarik atau alat putar elektrik. Cara melakukan teknik ini adalah dengan mengambil segumpal tanah liat yang plastis dan lumat.

5.    Teknik Tekan (Press)
Teknik cetak tekan dilakukan dengan menekan tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan cetakan. Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dengan waktu yang cepat.

6.    Teknik Cora tau Tuang
Teknik cor atau tuang digunakan untuk membuat gerabah dengan menggunakan acuan alat cetak. Tanah liat yang digunakan untuk teknik ini adalah tanah liat cair. Cetakan ini biasanya terbuat dari gips. Bahan gips digunakan karena gips dapat menyerap air lebih cepat sehingga tanah liat menjadi cepat kering.

2 komentar:

  1. Menyediakan berbagai macam tenda berkualitas dengan harga terbaik, diantaranya tenda roder, tenda membran, tenda kerucut, tenda membran, tenda payung, DLL. Kami juga melayani produksi tenda secara custom, dan ukuran yang dapat di pesan sesuai kebutuhan anda.

    Segera hubungi nomor dibawah ini untuk informasi lebih lanjut.

    Telp / wa ; 081316140397 rahma.

    office ; Ruko Cendana raya NO. 15A, Bencongan indah, karawaci tangerang.

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/





    #tendamurah #sewatendamurah #jualtenda #jualtendamurah #jualsewatenda #jualsewatendamurah #tendamembran #tendahanggar #tendasarnafil #tendabazar #tendakerucut #tendagudang #tendajualan #tendadarurat #tendavaksin #tendaevent #tendaroder #tendapabrik #tendacafe #tendajabodetabek #tendatangerang #tendabogor #tendalaris #tendakerucut #tendapameran #tendakarnaval #tendavaksinasi #tendakerucut #tenda #jualtenda

    BalasHapus
  2. Huruf timbul merupakan suatu produk reklame atau adversiting yang berupa huruf, angka, ataupun logo. Huruf timbul sering kita temui di kantor, restoran, rumah sakit, dan lainnya.

    Ada beberapa bahan huruf timbul yaitu
    Acrylic adalah bahan paling sering digunakan karena sifat bahan yang mudah di bentuk dan lebih fleksible dalam penggunaannya. Pembuatan huruf timbul acrylic biasanya memakai warna putih susu karna memiliki warna yang lebih menarik apabila dikombinasikan dengan Lampu LED.
    Stainless adalah bahan yang memiliki 2 jenis yaitu mirror dan hairline, bahan stainles juga dapat dikombinasikan dengan bahan acrylic dan dipadukan dengan Lampu LED.
    Galvanil, sama halnya dengan bahan stainless. Bahan galvanil juga dapat dikombinasikan dengan bahan acrylic dan dipadukan dengan Lampu LED.

    Kami CV. Bahagia Sukses Makmur menawarkan jasa pembuatan Huruf Timbul untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan varian harga yang berbeda beda sesuai dengan bahan yang dibutuhkan.

    Untuk informasi pemesanan bisa hubungi di nomor telepon dibawah ini
    No. Telpn : 0813 1614 0397
    Alamat Kantor : Jl. Cendana Raya No. 15 A Bencongan Indan Karawaci Tangerang

    https://huruftimbultangerang22.blogspot.com/



    #huruftimbultangerang
    #huruftimbuljakarta
    #huruftimbulbandung
    #hururftimbuldepok
    #huruftimbuljkt
    #huruftimbultgr
    #huruftimbul
    #jasapembuatanhuruftimbul
    #jasapembuatanhuruftimbultangerang
    #jasapembuatanhuruftimbuljakarta
    #jasapembuatanhuruftimbuldepok
    #jasapembuatanhuruftimbulbandung
    #jualhuruftimbuljakarta
    #jualhuruftimbulbandung
    #jualhuruftimbultangerang
    #jualhuruftimbuldepok

    BalasHapus