KUMPULAN RPP PENJASKES SMA KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : SMA .................................................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester             : X / 2
Pertemuan                    : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu               : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi   
8.   Mempraktikkan berbagai   keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
8.1.   Mempraktikkan  keterampilan bermain  salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator                     
1.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.             Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

A.           Tujuan Pembelajaran
1.             Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.             Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

B.            Materi Pembelajaran  
         Permainan Sepakbola
1.             Variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.             Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.            Metode Pembelajaran
1.             Demontrasi
2.             Inclusive(cakupan)
3.             Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.             Permainan (game)
5.             Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·         Pemanasan secara umum
·         Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
·         Pemanasan khusus sepakbola dalam bentuk permainan

2. Kegiatan Inti (60 menit)
    • Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    • Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik (berpasangan maupun berkelompok).
    • Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 4
1.             Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·         Pemanasan secara umum
·         Berlari mengelilingi lapangan sepakbola

2. Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan sepakbolayang terdiri dari :
·         Uji kompetensi menendang dan mengontrol bolasepak
·         Uji kompetensi menggiring bolasepak
·         Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

E.             Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
·         Bola sepak atau sejenisnya
·         Lapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
·         Tiang gawang
·         Tiang pancang atau sejenisnya
·         Peluit

2. Sumber Pembelajaran
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan sepakbola.
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan sepakbola
o   Rekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (Liga sepakbola)

F.             Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama Siswa
Menendang
Menahan
Menggiring
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12





                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 30 kali
…… > 25 kali
100%
Sangat Baik
25 – 29 kali
20 – 24 kali
90%
Baik
20 – 24 kali
15 – 19 kali
80%
Cukup
15 – 19 kali
10 – 14 kali
70%
Kurang
……. <  15 kali
……. <  10 kali
60%
Kurang Sekali

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 18 rintangan
…… > 15 rintangan
100%
Sangat Baik
15 – 17 rintangan
12 – 14 rintangan
90%
Baik
12 – 14 rintangan
9 – 11 rintangan
80%
Cukup
8 – 11 rintangan
6 –  8 rintangan
70%
Kurang
……. <  8 rintangan
……. <  6 rintangan
60%
Kurang Sekali


b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola  dengan metode resiprokal :

No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20




                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik gerak tipu permainan sepakbola!
2.
Sebutkan macam-macam teknik menyundul bola permainan sepakbola!
3.
Jelaskan cara menendang dan mengontrol bola berpasangan permainan sepakbola!
4.
Jelaskan cara melakukan menendang, mengontrol dan menggiring bola berpasangan!
5.
Jelaskan cara bermain sepakbola!

2.             Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%



Mengetahui,
Kepala Sekolah
                       …………………………………………
Guru Mata Pelajaran




…………………………………..





                         …………………………….........















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : SMA .................................................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester             : X / 2
Pertemuan                    : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu               : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi   
8.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
8.1.   Mempraktikkan keterampilan  bermain salah satu  permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator
1.             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik.
2.             Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

A.          Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik.
2.       Siswa dapat bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.

B.          Materi Pembelajaran
         Permainan Bolavoli
1.       Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik.
2.       Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.          Metode Pembelajaran
1.       Demontrasi
2.       Inclusive(cakupan)
3.       Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.       Permainan (game)
5.       Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

D.          Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·   Pemanasan secara umum
·   Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
·   Pemanasan khusus bolavoli dalam bentuk permainan
2. Kegiatan Inti (60 menit)
·         Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik.
·         Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik (berpasangan maupun berkelompok).
·         Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·         Pemanasan secara umum
·         Berlari mengelilingi lapangan bolavoli

2. Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan bolavoli yang terdiri dari :
·         Uji kompetensi passing permainan bolavoli
·         Uji kompetensi servis permainan bolavoli
·         Uji kompetensi smash permainan bolavoli
·         Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Pendinginan (colling down)
·         Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
·         Berbaris dan berdoa 

E.           Alat dan Sumber Belajar
1.       Alat Pembelajaran :
·         Bola voli atau sejenisnya
·         Lapangan permainan bolavoli atau lapangan sejenisnya
·         Net/jarring bolavoli
·         Peluit

2.       Sumber Pembelajaran :
·         Media cetak
o   Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o   Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o   Buku permainan bolavoli
·         Media elektronik
o   Audio/video visual teknik dasar permainan bolavoli
o   Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolavoli)



F.           Penilaian
1.             Teknik dan Bentuk Penilaian
a.             Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar passing, servis dan smash tanpa awalan, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

·               Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)

No
Nama Siswa
Passing
Servis
Smash
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12





                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (passing bawah dan passing atas bola) bola dilambungkan sendiri oleh tester/siswa) selama 60 detik.

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
30 kali ke atas
25 kali ke atas
100%
Sangat Baik
25 – 29 kali
20 – 24 kali
90%
Baik
20 – 24 kali
15 – 19 kali
80%
Cukup
15 – 19 kali
10 – 14 kali
70%
Kurang
Kurang dari 15 kali
Kurang dari 10 kali
60%
Kurang Sekali

·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis bawah) melewati net/jaring sebanyak 6 kali servis bawah (Skor maksimal 6 X 5 = 30).

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
25 ke atas
20 ke atas
100%
Sangat Baik
20 – 24 angka
15 – 19 angka
90%
Baik
15 – 19 angka
10 – 14 angka
80%
Cukup
10 – 14 angka
7 – 9 angka
70%
Kurang
Kurang dari 10 angka
Kurang dari 7 angka
60%
Kurang Sekali





·               Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Smash) melewati net/jaring sebanyak 6 kali smash (Skor maksimal 6 X 5 = 30).

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
25 ke atas
20 ke atas
100%
Sangat Baik
20 – 24 angka
15 – 19 angka
90%
Baik
15 – 19 angka
10 – 14 angka
80%
Cukup
10 – 14 angka
7 – 9 angka
70%
Kurang
Kurang dari 10 angka
Kurang dari 7 angka
60%
Kurang Sekali

b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18



                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolavoli dengan metode resiprokal :

No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20







                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal


      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Jelaskan perbedaan antara smash dan spike permainan bolavoli!
2.
Sebutkan macam-macam bentuk block permainan bolavoli!
3.
Jelaskan cara melakukan passing atas permainan bolavoli!
4.
Jelaskan cara melakukan servis bawah permainan bolavoli!
5.
Jelaskan cara melakukan smash tanpa awalan permainan bolavoli!

2.             Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







NIlai Rata-rata







                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%


Mengetahui,
Kepala Sekolah
                       …………………………………………
Guru Mata Pelajaran




…………………………………..





                         …………………………….........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar