KRITIK ARSITEKTUR (KRITIK TIPIKAL)

Kritik merupakan suatu ungkapan penilaian seseorang terhadap suatu hal, kejadian, peristiwa, dan lain-lain. Kritik yang baik bersifat membangun. Akan tetapi, ada juga kritik yang bersifat negatif. Kritik negatif tidak berbeda dengan suatu celaan. Sedangkan kritik yang bersifat membangun dan membangkitkan dapat disebut juga sebagai saran. Kritik arsitektur merupakan rekaman dari tanggapan terhadap lingkungan buatan (built environment). Kritik meliputi semua tanggapan termasuk tanggapan negatif dan pada hakekatnya kritik bermaksud menyaring dan melakukan pemisahan. Kritik ini disampaikan untuk memberikan tanggapan terhadap suatu bangunan atau hasil karya sebuah arsitek. Ada beberapa metode dalam kritik arsitektur, antara lain kritik deskriptif, kritik impressionis, kritik interpretif, kritik normatif, kritik terukur, dan kritik tipikal. Metode kritik yang akan diterapkan untuk menganalisis bangunan di bawah ini adalah kritik tipikal.

Kritik dengan metode tipikal merupakan menganalisis suatu bangunan dengan standar dari suatu tipe bangunan yang sudah ada, baik dari struktur, fungsi, maupun bentuknya. Studi tipe bangunan ini lebih didasarkan pada kualitas, fungsi, dan ekonomi lingkungan arsitektur yang telah distandarisasi dan terangkum dalam suatu tipologi. Sekarang ini tipe dari suatu bangunan telah didesain lebih mudah dengan didasarkan pada tipe yang telah standar bukan pada keaslian inovasi. Akan tetapi, adanya pemecahan standar ini telah menjadi suatu inovasi dalam pemecahan kompleksitas sehingga dalam merancang bangunan. Elemen metode tipikal yang akan dianalisis pada bangunan kantor lurah di Jakarta, yaitu dari aspek bentuknya. Kantor kelurahan yang akan dianalisis adalah kantor kelurahan Tomang dan kantor kelurahan Rawa Terate.

KANTOR KELURAHAN TOMANG


Kantor Kelurahan Tomang

Kantor Kelurahan Tomang, Jakarta terletak di   jalan Mandala Selatan IV,Kelurahan Tomang Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat (kode pos 11440) Kantor baru berlantai tiga ini dibangun untuk menggantikan kantor lama yang berlokasi di jalan Gelong Baru Raya Telephone: 021-5671744, Kelurahan Tomang memiliki Luas Wilayah 1.88 Km2, terdiri dari 8,841 Keluarga (KK), 173 RT, 16 RW
Dilihat dari segi bentuk, kantor kelurahan Tomang memiliki desain tradisional dengan menggunakan atap limas dan genteng merah. Pada setiap lantai dibagian luarnya diberi kanopi dengan material genteng merah.


KANTOR KELURAHAN RAWA TERATE

Kantor Kelurahan Rawa Terate

Rawa Terate adalah salah satu kelurahan di kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Indonesia. Terletak pada Jalan Raya Pupar -Telp 4602445 Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur (kode pos 13920). Luas Wilayah 4.10 Km2, terdiri dari 3,714 Keluarga (KK), 59 RT, 6 RW.
Dilihat dari segi bentuk, kantor kelurahan Rawa Terate memiliki desain tradisional dengan menggunakan atap limas dan genteng merah.


Kesimpulan:

Dari hasil analisis dengan metode Tipikal didapat hasil bahwa kantor kelurahan Tomang dan Rawa Terate merupakan bangunan pemerintahan yang berfungsi sebagai sarana pelayanan masyarakat dengan beberapa kesamaan seperti gaya arsitektur tradisional minimalis dan beberapa pemakaian material yang sama. Sehingga desain bangunan kantor kelurahan Tomang sudah cukup memenuhi kriteria untuk menjadi standar bangunan kelurahan di Jakarta.




            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar