Pada motor yang menggunakan sistem pendinginan udara, panas motor diambil langsung oleh udara melalui sirip-sirip pendingin. Sirip-sirip ini dipasangkan di sekeliling silinder dan kepala silinder.
Pendingin Udara dengan Sirip sirip |
Pada pendinginan udara ini, hembusan udara terjadi pada saat kendaraan berjalan atau dilakukan oleh sebuah kipas. Konstruksi motor dengan pendinginan udara dibanding pendinginan air mempunyai :
Keuntungan pendingin udara
Konstruksi lebih sederhana
Harga relatif lebih murah
Perawatan relatif tidak ada
Kerugian Pendinginan Udara
Pendinginan tidak merata
Untuk mengefektifkan pendinginan udara banyak dijumpai dengan menambah suatu kipas yang digerakkan langsung oleh poros engkol.
Pendinginan dengan kipas |
Jika motor dihidupkan , maka kipas akan ikut berputar, sehingga udara dialirkan menuju sudu-sudu hantar ke sirip-sirip kepala silinder dan blok silinder. Dengan menggunakan kipas ini maka pendinginan akan lebih merata dibanding yang tidak memakai kipas, cara ini digunakan pada sepeda motor.
Contoh: Vespa, Suzuki Jet Cooled (RC), Yamaha Force 1, dan mobil, contoh: VW lama (Safari, Combi, Kodok).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar