Skripsi Mini

Tugas Ilmu Alamiah Dasar
Membaca dan Menulis kembali  isi Skripsi
Nama    : Siti Maisaroh
NIM       : 11-160-0112
Kelas     : Akuntansi 2011/D



·         Judul Skripsi :
Hubungan biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan pada “PT. SIER         PERSERO” di Rungkut Industri.
·         Permasalahan :
 Bagaimana cara meningkatkan laba  pada perusahaan ?
·         Tujuan penelitian :
 Tujuan Umum :
1)      untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti program dalam memperoleh gelar sarjana ekonomi  akuntansi.
2)      untuk merealisasikan TRI DARMA PERGURUAN TINGGI terutama dibidang penelitian.
3)      untuk merealisasi teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada dalam perusahaan dengan bentuk kerja karya ilmiah.
Tujuan Khusus  :  untuk mengetahui besarnya hubungan biaya promosi dengan peningkatan volume     penjualan pada perusahaan PT. SIER PERSERO di Rungkut Industri.




·         Manfaat Skripsi :
Bagi Penulis :
1)      Dapat memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan yang telah  diperoleh di bangku kuliah selama ini.
2)      Dapat menambah dan memperluas wawasan berfikir secara ilmiah dan sistematis
       Bagi Perusahaan :
1)      Dapat dijadikan sebagai bahan informasi atau masukan dalam menetapkan kebijakan khususnya dalam pemilihan media promosi yang tepat serta biaya promosi yang berkaitan dengan peningkatan volume penjualan.
2)      Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam meningkatkan volume penjualan yang optimal bagi perusahaan.
·         Objek penelitian :
Periklanan,promosi penjualan,personal selling,publisitas,media elektronik dan surat kabar
·          Variabel Penelitian :
 Variabel yang digunakan adalah variabel bebas dan terikat yaitu biaya promosi (variabel bebas) dan  volume penjualan (variabel terikat).
·         Populasi dan Sample :
Populasi adalah seluruh subjek penelitian,populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. SIER Rungkut Industri sejumlah 416
Sample adalah sebagian wakil populasi yang diteliti dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah data perkembangan penjualan dan alokasi biaya promosi mulai tahun 2002 sampai tahun 2006.









·         Metode Pengumpulan Data :
Dalam metode ini penulis memiliki metode pengumpulan data sebagai berikut :
1.       Metode Dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dari catatan dan dokumen – dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan yaitu:
a)      Gambaran/ sejarah perusahaan PT. SIER PERSERO
b)      Struktur organisasi dan job description
c)       Data tentang biaya promosi dan data penjualan selama tahun 2002 sampai dengan 2006
2.       Metode wawancara adalah dialog yang dilakukan oleh penelitian untuk memperoleh informasi mengenai obyek yang diteliti dalam hal ini peneliti mengadakan wawancara dengan staff perusahaan mengenai gambaran umum perusahaan dan sejarah singkat perusahaan.penulis menggunakan metode ini dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai data – data yang berhubungan dengan perusahaan.
·         Metode Analisa Data : dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa sbb:
1)      Korelasi product moment.
Untuk mengetahui secara kuantitatif hubungan antara biaya promosi dan volume penjualan.Koefisien korelasi product moment dihitung dengan menggunakan rumus sbb:

Rxy =                 n ∑ x y – ( ∑ x ) ( ∑ y)                                           
                                (
Keterangan:
Rxy         : koefiensi korelasi
X             : biaya promosi
Y              : volume penjualan
N             : jumlah tahun dasar yang diteliti



2)      Uji T.
Dipakai untuk mengetahui apakah suatu hubungan korelasi yang terjadi antara 2 variabel mempunyai hubungan yang berarti atau tidak.untuk itu perlu diadakan pengertian hipotesis yaitu:
Hu : P : O  àhubungan yang terjadi tidak berarti
H1 : P : O àhubungan yang terjadi mempunyai arti
                                Dan untuk pengujian ini digunakan statistic T dengan rumus
                                                   
                Dimana :
                t              : tes signifikan korelasi
                r              : koefisiensi korelasi
                n             : jumlah periode
                n - 2 àtingkat kebebasan
·         Kesimpulan
                Dari data yang diperoleh dan analisa data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
 bahwa promosi memiliki hubungan yang kuat terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahaan PT. SIER persero di Rungkut Industri, bukan secara kebetulan tetapi telah diuji kebenarannya. Terbukti dengan hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa koefisiensi korelasi Y dengan variabel X sebesar 0,729 lebih besar r table pada taraf signifikan 5% n: 5 sebesar 0,5509. Sedangkan dari uji T diperoleh t hitung adalah 1,842 lebih besar dari t table : 2,02 pada taraf signifikan 5% sedangkan pada taraf signifikan 1% ternyata t tabel : 3,36 dengan n : 5,maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Ini berarti hipotesis yang berbunyi biaya promosi memiliki hubungan yang positif peningkatan volume penjualan pada PT. SIER PERSERO atau dengan kata lain diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar