CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS 10.11,12 LENGKAP TERBARU 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : X / 1
Pertemuan Ke          : 51 - 57
Alokasi                    : 14 x 45 Menit
Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks         
Kompetensi Dasar     : Mendeskripsikan macam-macam matriks

A.        Indikator
1.      Dua Matriks  atau lebih ditentukan penjumlahan dan pengurangannya
2.      Dua Matriks  atau lebih ditentukan hasil kalinya

B.        Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan matriks
2.      Siswa dapat mengoperasikan hasil kali skalar dengan matriks
3.      Siswa dapat mengoperasikan hasil kali matriks dengan matriks

C.        Materi Pelajaran
1.      Penjumlahan dan Pengurangan matriks
2.      Perkalian skalar dengan matriks dan perkalian matriks dengan matriks
3.      Kesamaan dua matriks yang mengandung operasi matriks


D.        Metode Pengajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan
4.      Penemuan

E.        Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang operasi matriks
2.      Kegiatan Inti        :  Menerangkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan kesamaan dua mtriks
3.      Kagitan Akhir       :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar
1.      Modul tentang Matriks
2.      Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.        Penilaian
1.      Kuis
2.      Tes lisan
3.      Tes tulis
4.      Pengamatan dan penugasan
   
                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                     Guru Bidang Studi Matematika
                


          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                             Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : X / 1
Pertemuan Ke          : 58 - 63
Alokasi                    : 12 x 45 Menit
Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks         
Kompetensi Dasar     : Menentukan determinan dan invers matriks

A.        Indikator
1.      Matriks ditentukan determinannya
2.      Matriks ditentukan inversnya
B.        Tujuan Pembelajaran
5.      Siswa dapat menentukan determinan matriks
6.      Siswa dapat menentukan invers matriks
7.      Siswa dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel dengan menggunakan matriks

C.        Materi Pelajaran
1.      Determinan dan invers matriks berordo dua
2.      Determinan dan invers matriks berordo tiga
3.      Penggunaan determinan dan invers matriks pada penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel



D.        Metode Pengajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan
4.      Penemuan
E.        Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  determinan dan invers matriks
2.      Kegiatan Inti        :  Menerangkan determinan, invers matriks dan penyelesaian persamaan dengan matriks
3.      Kagitan Akhir       :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar
1.      Modul tentang Matriks
2.      Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian
1.      Kuis
2.      Tes lisan
3.      Tes tulis
4.      Pengamatan dan penugasan

          Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                     Guru Bidang Studi Matematika
                


          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                             Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan Ke          : 64 - 67
Alokasi                    : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier    
Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

A.        Indikator
5.      Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya
6.      Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya

B.        Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
2.      Siswa dapat menentukan daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel

C.        Materi Pelajaran
1.      Grafik daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
2.      Grafik daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua variabel
D.        Metode Pengajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan
4.      Penemuan

E.        Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  pertidaksamaan linier
2.      Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara membuat grafik penyelesaian sistem pertidaksamaan linier 2 variabel
3.      Kagitan Akhir       :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar
1.      Modul tentang Program Linier
2.      Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian
1.      Kuis
2.      Tes lisan
3.      Tes tulis
4.      Pengamatan dan penugasan
                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                     Guru Bidang Studi Matematika
                

          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                             Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan Ke          : 68 - 70
Alokasi                    : 6 x 45 Menit
Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier    
Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier


A.        Indikator
1.      Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
2.      Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya


B.        Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
2.      Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika


C.        Materi Pelajaran
1.      Model Matematika

D.        Metode Pengajaran
1.      Ceramah
5.      Diskusi
6.      Penugasan
7.      Penemuan

E.        Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika
2.      Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
3.      Kagitan Akhir       :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar
1.      Modul tentang Program Linier
2.      Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian
1.  Kuis
2.  Tes lisan
3.  Tes tulis
4.  Pengamatan dan penugasan
   
                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                     Guru Bidang Studi Matematika
                


          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                             Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan Ke          : 71 - 73
Alokasi                    : 6 x 45 Menit
Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier    
Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

A.        Indikator
1.      Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
4.      Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya


B.        Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
2.      Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika
C.        Materi Pelajaran
1.      Model Matematika

D.        Metode Pengajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan
4.      Penemuan

E.        Langkah Pembelajaran
5.      Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika
6.      Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
7.      Kagitan Akhir       :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar
1.      Modul tentang Program Linier
2.      Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.        Penilaian 
1.  Kuis
2.  Tes lisan
3.  Tes tulis
4.  Pengamatan dan penugasan
   
                 Mengetahui,                                                                                Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                     Guru Bidang Studi Matematika
                


          Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                             Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika
Kelas/ Semester                : X / 2
Pertemuan Ke                    : 74 - 77
Alokasi                             : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi            :Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar              : Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier

A.       Indikator                
1.Fungsi obyektif ditentukan dari soal
2. Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif

B.        Tujuan Pembelajaran
          1. Siswa dapat dapat menetukan nilai obyektip dari soal cerita
          2. Siswa dapat menentukan nilai optimum, baik maksimum atau minimum

C.        Materi Pelajaran                 
1. Fungsi objektif
2. Nilai optimum
D.      Metode Pengajaran            
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan 
4. Penemuan
E.         Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika
2. Kegiatan Inti         :  Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum
3. Kagitan Akhir        :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

         
F.       Sumber Belajar                 
1. Modul Matematik SMK
2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian
1. Kuis
2. tes lisan
3. tes tulis
4. pengamatan danpenugasan
                                                     
Mengetahui,                                                                              Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta                                                      Guru Bidang Studi Matematika



Drs. Dedi Dwitagama, MM                                                             Parjono, S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471                                                                           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar