RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Produktif Teknik Komputer Jaringan
Kelas / Semester : X / 1
Pertemua ke- : --
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit
Kompetensi : Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC & periferal
Sub Kompetensi : Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
Indikator :
1. Peserta diklat mampu mengidentifikasi gejala kesalahan atau kerusakan pada saat pengoperasian PC.
2. Peserta diklat mampu mengidentifikasi jenis-jenis pesan atau peringatan kesalahan yang terjadi pada saat booting atau PC digunakan.
I . Tujuan Pembelajaran | 1. Peserta diklat mampu mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul pada pengoperasian PC dan peripheral. 2. Peserta diklat mampu memilah permasalahan yang terjadi pada pengoperasian PC berdasarkan kelompoknya. 3. Peserta diklat mampu mengisolasi permasalahan yang timbul saat pengoperasian PC stand alone dan peripheralnya |
II . Materi Ajar | Mengidentifikasi masalah melalui gejala |
1. Pengenalan Pesan/Peringatan Kesalahan Saat Booting pada PC Melalui POST Prosedur POST (Power on Self-Test) POST dilakukan sesaat setelah komputer dihidupkan dan mulai booting, proses ini dilakukan oleh BIOS. Adapun urutan prosedur POST adalah sebagai berikut : a) Test Power Supply ditandai dengan lampu power hidup dan kipas pendingin power supply berputar. b) Secara otomatis dilakukan reset terhadap kerja c) Pengecekkan terhadap BIOS dan isinya. d) Pengecekkan terhadap CMOS e) Melakukan pengecekkan CPU, timer (pewaktuan), kendali memori akses langsung, memory bus dan memory module. f) Memori sebesar 16 KB harus tersedia dan dapat dibaca/ditulis untuk keperluan ROM BIOS dan menyimpan kode POST. g) Pengecekkan I/O controller dan bus controller. Pesan/Peringatan Kesalahan POST (Power on Self-Test) Langkah-langkah mengenal dan mengidentifikasi Pesan/Peringatan Kesalahan melalui POST (Power on Self- Test) Untuk mengenal dan mengidentifikasi pesan/peringatan kesalahan melalui POST para peserta diklat harus memperaktekkan dan mengamati PC dari saat booting hingga selesai proses POST yang dilakukan oleh BIOS dan membaca buku manual setiap komponen PC, terutama motherboard. Dari situ akan diketahui banyak komponen, kegunaan, spesifikasi dan BIOS yang digunakan, termasuk setting pada BIOS nya. |
III. Metode Pembelajaran | Informasi, praktek, tutorial, kerja kelompok |
. Langkah-langkah Pembelajaran A. Kegiatan Awal ; B. Kegiatan Inti ; C. Kegiatan akhir ; | 1. Salam pembuka. 2. Memberikan pertanyaan permasalahan yang sering muncul pada PC 1. Siswa memilih peralatan/ komponen PC secara teliti. 2. Siswa menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing 3. Mengidentifikasi jenisjenis pesan/peringatan kesalahan pada pengoperasian PC § 4. Menguraikan fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen pada PC 1. Siswa membuat dafatar permasalahan yang muncul pada PC 2. Guru memberikan penguatan kembali tentang identifikasi masalah yang muncul 3. Guru memberikan penilaian |
V . Alat / Bahan / Sumber Belajar | Buku Konsep hardware PC, Mainboard, Processor, Memori, Harddisk, PSU, Keyboard, Mouse dan Pheripheral PC |
VI. Penilaian : | |
Uji Kompetensi | Materi |
1. Uji Kompetemsi Kognitif 2. Uji Pengetahuan Konsep 3. Uji Pemahaman Konsep | 1. Soal-soal Pilihan Ganda 2. Soal-soal Essai Penjelasan Bebas 3. Menyimpulkan rencana kebutuhan dan spesifikasi PC. |
Latihan |
Tugas 1 1) Hidupkan PC, amati dan catatlah proses POST yang terjadi. Cocokkan hasil pengamatan anda dengan teori yang ada. 2) Hidupkan PC, tekan tombol untuk menuju menu setup (umumnya tombol Del). Amati dan catat semua data yang ada didalamnya. Cocokkan hasil pengamatan anda dengan buku manual reference dan kondisi hardware yang terpasang. 3) Buka buku manual reference dan casing PC. Amati dan cocokkan spesifikasi, tata letak komponen, dan setting yang ada. |
Lembar Kerja 1 1) Alat dan Bahan : a) PC 1 unit b) Buku manual reference dan CD driver untuk komponen PC yang sesuai c) Tool set 2) Kesehatan dan Keselamatan Kerja a) Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya b) Cek semua hubungan instalasi sebelum memulai praktek c) Bertanya dan mintalah guru untuk membantu mengecek jika ada yang meragukan. d) Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan Langkah Kerja Dalam melaksanakan praktek, jika ada yang tidak jelas atau meragukan tanyakan kepada guru pembimbing, terutama pada saat melaksanakan langkah ke 7. a) Siapkan alat dan bahan. b) Memeriksa semua hubungan instalasi PC. c) Menghidupkan PC. d) Mengamati setiap proses selama booting pada PC. e) Memahami proses POST pada PC. f) Memahami cara kerja POST pada PC. g) Dengan berhati-hati coba lepaskan secara bergantian komponen RAM, card VGA dan prosessor. Sebaiknya kabel data dan power supply ke hardisk dilepas selama melakukan proses ini. Booting ulang komputer, amati, cata dan fahami gejalagejala yang ditimbulkan. h) Buatlah Laporan tentang gejala-gejala yang ditimbulkan dari semua langkah yang sudah dipraktekkan. i) Laporkan Hasil pekerjaan anda kepada guru pembimbing (pengajar) j) Jika semua telah selesai kembalikan semua hubungan instalasi seperti semula dan cek ulang. Jika sudah benar kembalikan semua alat dan bahan ke tempat semula. |
Tes Formatif 1) Sebutkan dan jelaskan langkan-langkah POST! 2) Gejala masalah apa yang terjadi pada PC jika beep yang ditimbulkan berubunyi 1 beep panjang dan 8 beep pendek? Menurut anda apa penyebabnya? 3) Bagaimana menurut anda PC yang sudah lolos POST, apakah berarti baik? Kunci Jawaban Formatif 1) Langkah POST yaitu seperti ditunjukkan oleh prosedur test POST pada sub c. Prosedur POST (Power on Self-Test) 2) 1 beep panjang 8 beep pendek terjadi pada AMI BIOS dan gejala yang ditimbulkan adalah tes tampilan gambar gagal. Kemungkinan penyebabnya adalah a) pemasangan VGA card kurang baik b) slot ekspansi (tambahan) tempat card VGA terpasang mengalami masalah c) memori VGA card rusak d) VGA card rusak e) Motherboard rusak f) Monitor bermasalah 3) PC yang sudah lolos POST secara hardware dan instalasinya sudah baik dan benar, tetapi masih perlu diuji kinerjanya untuk mengetahui kemampuan komputer tersebut. |
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah ___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar