Penjelajahan Ruang Angkasa/ Space exploration FOR GENERAL GENERAL


Penjelajahan Ruang Angkasa

(Sumber: Kurniawan, Irawan.2006.Alam Semesta. Bandung: Nuansa.)

                Era ruang angkasa dimulai pada tanggal 4 Oktober 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit buatan pertama yang bernama SputnikI dan satu bulan kemudian SputnikII diluncurkan dengan seekor anjing. ‘Laika’ yang menjadi makhluk hidup pertama yang dikirim ke luar angkasa. Hal ini untuk meyakinkan bahwa manusia bisa bertahan hidup di ruang angkasa.

                Satelit pertama Amerika Serikat, Exploner, diluncurkan pertama kali pada 31 Januari 1958. Dengan begitu Sputnik (Uni Soviet) dan Exploner (Amerika Serikat) adalah perintis penjelajah ruang angkasa. Satelit yang berisi manusia pertama kali diluncurkan pada tanggal 12 April 1961, bernama Vostok dengan kosmonot pertama yakni Yuri Gagarin yang mengelilingi Bumi dan mengamati bumi dari langit dari ruang angkasa. Wanita pertama yang ke ruang angkasa adalah Letnan Kolonel Valentina Tereshkova (Uni Soviet) pada tahun 1963. ia mengelilingi 48 orbit dalam 2 hari 22 jam 21 menit dengan VostokVI. Pada Maret 1965, Aleksi Leonov dengan pesawat Uni Soviet, VokshodII, menjadi manusia pertama yang berjalan di ruang angkasa. Edward White, astronot Amerika Serikat dengan pesawat ruang angkasa yang bernama GeminiIV adalah astronot Amerika Serikat yang berjalan di ruang angkasa. Edward White keluar dari pesawat selama 21 menit. Pada tahun 1965, mulailah rangkaian dua awak pada pesawat Gemini. Tim astronot pada program Gemini melakukan berbagai persiapan dan penjajakan untuk misi pesawat Apollo ke Bulan.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Space exploration

(Source: Kurniawan, Irawan.2006.Alam Universe. Bandung: Nuance.)

Space era began on October 4, 1957, the Soviet Union launched the first artificial satellite named SputnikI and SputnikII launched one month later with a dog. 'Laika' which became the first living creature sent into space. This is to ensure that humans could survive in space.

The first U.S. satellite, Exploner, first launched on January 31, 1958. With so Sputnik (Soviet Union) and Exploner (United States) was a pioneer of space explorers. Containing human satellite was first launched on 12 April 1961, named Vostok with the first cosmonaut Yuri Gagarin circled the Earth and observe the earth from the sky from space. The first woman in space was Valentina Tereshkova Lieutenant Colonel (Soviet Union) in 1963. he surrounds 48 orbits in 2 days 22 hours 21 minutes with VostokVI. In March 1965, Aleksi Leonov with Soviet aircraft, VokshodII, became the first man to walk in space. Edward White, U.S. astronauts to the spacecraft is named GeminiIV U.S. astronauts walked in space. Edward White out of the plane for 21 minutes. In 1965, began a series of two crew members on the plane Gemini. Team of astronauts on the Gemini program envisioned and assessment for aircraft Apollo moon missions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar