Mengapa gantole bisa melayang? Mengapa pesawat jet dapat terbang cepat di udara?/ Why hang gliding can fly? Why can fly fast jets in the air? FOR GENERAL GENERAL


 Mengapa gantole bisa melayang? Mengapa pesawat jet dapat terbang cepat di udara?

(sumber: Rani. Abdul.2007. Seri Pengetahuan Alam. Surabaya:PT AlfathPutra.)

I) Mengapa gantoleh bis melayang?

                Atlet gantole memanfaatkan arus udara naik untuk terbang. Prinsip terbang gantole meniru burung yang terbang melayang di udara. Karena gantole tidak menggunakan mesin untuk membantu terbang, maka atlet gantole harus memanfaatkan arus udara yang naik yang disebabkan oleh udara panas yang terus menguap ke atas. Agar dapat meluncur ke udara, atlet gantole harus naik ke bukit yang tinggi terlebih dahulu, kemudian meluncur gantole dengan kecepatan tertentu ke udara. Agar gantole dapat terbang lebih lama, sebaiknya olahraga gantole ini dilakukan pada hari yang panas, saat matahari bersinar terik.

II) Mengapa pesawat jet dapat terbang di udara?

                Beberapa pesawat menggunakan mesin jet (turbo jet) untuk membantu terbang, sehingga pesawat ini sering disebut sebagai pesawat jet. Mesin jet adalah sebuah jenis mesin pembakaran dalam yang menghisap udara yang ada di depan seperti yang sering dilakukan oleh pesawat terbang biasa. Udara tersebut kemudian digabungkan dengan bahan bakar, dan terjadilah pembakaran di mesin. Pembakaran menimbulkan adanya gas yang kemudian dibuang ke belakang mesin. Mesin kemudian menghasilkan energy yang mendorong pesawat itu melaju ke depan dengan kecepatan tinggi.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Why hang gliding can fly? Why can fly fast jets in the air?

(source: Rani. Abdul.2007. Sciences Series. Surabaya: PT AlfathPutra.)

I) Why gantoleh bus drift?

Athletes hang gliding harness rising air currents to fly. Hang gliding flight principle mimic bird flying in the air. Because hang gliding do not use machines to help fly, then hang gliding athletes should take advantage of rising air currents caused by the hot air evaporates the continued upward. To be able to glide in the air, hang gliding athletes have a high hill to climb first, then glide hang gliding with a certain velocity to the air. In order to be able to fly longer hang gliding, hang gliding sport this should be done on a hot day, when the sun was shining.

II) Why jets can fly in the air?

Some aircraft use jet engine (turbo jet) to help fly, so the plane is often referred to as a jet plane. Jet engine is a type of internal combustion engine is sucking air in front as is often done by a regular aircraft. The air is then combined with fuel, and there was a burning in the engine. Cause the combustion gases then thrown into the back of the machine. The machine then produces energy that drives the plane pulled ahead at high speed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar