BAB I
PENDAHULUAN
A. Nama dan alamat Perusahaan
Jenis usaha yang akan dijalankan adalah usaha pertokoan dengan nama “TOKO RIEZINA ELEKTRO” yang beralamatkan di Jln. Jendral Sudirman No. 128 Ciamis.
B. Nama dan Alamat Pemilik
Pemilik usaha pertokoan adalah :
Nama : Richa Puspita Dewi
Usia : 20 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Wirausaha
Alamat : Jln. Jendral Sudirman No. 128 Ciamis
C. Informasi Usaha
Perusahaan yang akan dijalankan merupakan usaha perseorangan yang bergerak di bidang elektronik.
BAB II
JENIS USAHA
A. Deskripsi Umum Usaha
Usaha yang akan dijalanakan merupakan usaha barang dagangan elektronik, melayani masyarakat di pertokoan lingkungan masyarakat dengan status menengah keatas, dengan jumlah penduduk sekitar 1500 jiwa.
B. Latar Belakang
Usaha ini dipilih untuk dijalankan dengan berbagai pertimbangan seperti lokasi usaha yang strategis dengan modal yang cukup dan kualitas barang yang memadai.
C. Struktur Organisasi
Sesuai dengan bentuk badan usaha yang dipilih yaitu perusahaan perseorangan, maka pemimpin perusahaan dipegang oleh pemilik dengan mengangkat 3 karyawan yang diberi tugas di bagian administrasi usaha 1 orang, pengadaan barang dagangan 1 orang, dan penjualan 1 orang, sesuai keperluan untuk menjalankan usaha dengan menggunakan struktur organisasi garis.
D. Struktur Pemilik Modal
Modal usaha terdiri dari modal sendiri dan modal asing berupa pinjaman dari Bank Jabar dengan memanfaatkan kredit modal usaha.
E. Spesifikasi Usaha yang Dijalankan
Spesifikasi usaha yang dijalankan adalah menjual barang-barang elektronik terutama Kulkas, TV, VCD, tipe, kipas angin, kompor gas, secara lengkap dan harga yang mudah terjangkau.
BAB III
PENGADAAN BARANG DAGANGAN
A. Sumber Barang Dagangan
Barang-barang dagangan sebagai objek usaha diperoleh dari beberapa grosir yang ada di Kabupaten yaitu : Toko Sukamaju, Toko Sentral.
B. Teknik Pembelian
Pembelian barang dagangan dilakukan secara sistem :
1. Berkala, sesuai jadwal pembelian berdasarkan perkiraan turn over barang dagangan per minggu, bulan, triwulan, dan sebagainya.
2. Insidental, menurut kebutuhan berdasarkan persediaan barang dagangan.
Pembelian dilakukan secara langsung, dan secara pesanan melalui surat, atau telepon oleh bagian pengadaan barang dagangan.
BAB IV
PEMASARAN
A. potensi Pasar
berdasarkan penelitian, 55% kepala keluarga di perumahan berpenghasilan tetap terdiri atas pegawai negeri dan karyawan perusahaan swasta, sehingga memilki daya beli yang cukup dalam memenuhi kebutuhan sekunder.
B. Kondisi Pesaing
Di tempat usaha hanya terdapat 3 pertokoan elektronik dengan modal kerja masing-masing di atas Rp. 3.000.000 (tiga juta rupiah), yang dikelola dengan manajemen tradisional atau tidak profesional.
C. Strategi pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan dengan cara promosi tinggi dan harga melawan.
BAB V
PENJUALAN
A. Harga Jual
Harga jual ditetapkan berdasarkan harga perolehan barang dagangan ditambah keuntungan rata-rata 2%.
B. Sistem penjualan
Sistem penjualan yang dipakai dengan cara kontan dan kredit dengan jangka waktu satu bulan
C. Sistem Distribusi
Sistem distribusi yang digunakan adalah sistem distribusi langsung, artinya langsung menjual kepada konsumen akhir, dan barang-barang langsung diserahkan kepada konsumen ditempat penjualan atau diantar.
D. Promosi
Promosi yang dilakukan dengan cara menyampaikan brosur daftar harga barang kepada konsumen sasaran.
BAB VI
MANAJEMEN
A. Resiko dan hambatan
Resiko yang perlu diantisipasi adalah terjadinya kredit macet akibat penjulan secara kredit; dan hambatan yang dapat terjadi adalah perkembangan pesaing yang ada.
B. Tindakan Alternatif
Tindakan alternatif yang dapat dilakukan dalammengantisipasi kredit macet adalah dengan selektif dalam memberikan memberikan kredit; dan dalam mengantisipasi hambatan dengan cara meningkatkan daya saing secara sehat.
BAB VII
KEUANGAN
A. Neraca
Neraca awal menunjukan :
Debit :
1.1 Kas Rp. 7.500.000,00
1.2 Barang dagangan Rp. 25.000.000,00
1.3 Piutang dagang Rp.
1.4 Perabot Rp. 10.000.000,00
Jumlah Rp. 72.500.000,00
Kredit :
2.1 Utang Rp. 2.500.000,00
3.1 Modal Rp. 40.000.000,00
Jumlah Rp. 42.500.000,00
B. Proyeksi Aliran Kas
Aliran kas diproyeksikansebesar Rp. 15.000.000,00 setiap bulan. Untuk keperluan pengadaan barang dagangan Rp. 10. juta dan gaji/upah karyawan Rp. 3 juta.
C. Analisis Titik Pulang Pokok
Titik p[ulang pokok terjadi jika harga jual sama dengan harga beli ditambah biaya-biaya seperti transportasin tenaga kerja, pajak, dan pelayanan.
D. Sumber permodalan
Modal usaha berasal dari :
1. Harta Pribadi yang dipisahkan untuk usaha
2. Pinjaman, berupa kredit Bnk Jabar
BAB VIII
KESIMPULAN
Barang tersebut barang dagangan elektronik dapat dipasarkan dengan mudah dan harga terjangkau juga mudah didapat.
BAB XI
PENUTUP
Mudah-mudahan usaha yang saya rintis bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi semua orang.
PENDAHULUAN
A. Nama dan alamat Perusahaan
Jenis usaha yang akan dijalankan adalah usaha pertokoan dengan nama “TOKO RIEZINA ELEKTRO” yang beralamatkan di Jln. Jendral Sudirman No. 128 Ciamis.
B. Nama dan Alamat Pemilik
Pemilik usaha pertokoan adalah :
Nama : Richa Puspita Dewi
Usia : 20 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Wirausaha
Alamat : Jln. Jendral Sudirman No. 128 Ciamis
C. Informasi Usaha
Perusahaan yang akan dijalankan merupakan usaha perseorangan yang bergerak di bidang elektronik.
BAB II
JENIS USAHA
A. Deskripsi Umum Usaha
Usaha yang akan dijalanakan merupakan usaha barang dagangan elektronik, melayani masyarakat di pertokoan lingkungan masyarakat dengan status menengah keatas, dengan jumlah penduduk sekitar 1500 jiwa.
B. Latar Belakang
Usaha ini dipilih untuk dijalankan dengan berbagai pertimbangan seperti lokasi usaha yang strategis dengan modal yang cukup dan kualitas barang yang memadai.
C. Struktur Organisasi
Sesuai dengan bentuk badan usaha yang dipilih yaitu perusahaan perseorangan, maka pemimpin perusahaan dipegang oleh pemilik dengan mengangkat 3 karyawan yang diberi tugas di bagian administrasi usaha 1 orang, pengadaan barang dagangan 1 orang, dan penjualan 1 orang, sesuai keperluan untuk menjalankan usaha dengan menggunakan struktur organisasi garis.
D. Struktur Pemilik Modal
Modal usaha terdiri dari modal sendiri dan modal asing berupa pinjaman dari Bank Jabar dengan memanfaatkan kredit modal usaha.
E. Spesifikasi Usaha yang Dijalankan
Spesifikasi usaha yang dijalankan adalah menjual barang-barang elektronik terutama Kulkas, TV, VCD, tipe, kipas angin, kompor gas, secara lengkap dan harga yang mudah terjangkau.
BAB III
PENGADAAN BARANG DAGANGAN
A. Sumber Barang Dagangan
Barang-barang dagangan sebagai objek usaha diperoleh dari beberapa grosir yang ada di Kabupaten yaitu : Toko Sukamaju, Toko Sentral.
B. Teknik Pembelian
Pembelian barang dagangan dilakukan secara sistem :
1. Berkala, sesuai jadwal pembelian berdasarkan perkiraan turn over barang dagangan per minggu, bulan, triwulan, dan sebagainya.
2. Insidental, menurut kebutuhan berdasarkan persediaan barang dagangan.
Pembelian dilakukan secara langsung, dan secara pesanan melalui surat, atau telepon oleh bagian pengadaan barang dagangan.
BAB IV
PEMASARAN
A. potensi Pasar
berdasarkan penelitian, 55% kepala keluarga di perumahan berpenghasilan tetap terdiri atas pegawai negeri dan karyawan perusahaan swasta, sehingga memilki daya beli yang cukup dalam memenuhi kebutuhan sekunder.
B. Kondisi Pesaing
Di tempat usaha hanya terdapat 3 pertokoan elektronik dengan modal kerja masing-masing di atas Rp. 3.000.000 (tiga juta rupiah), yang dikelola dengan manajemen tradisional atau tidak profesional.
C. Strategi pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan dengan cara promosi tinggi dan harga melawan.
BAB V
PENJUALAN
A. Harga Jual
Harga jual ditetapkan berdasarkan harga perolehan barang dagangan ditambah keuntungan rata-rata 2%.
B. Sistem penjualan
Sistem penjualan yang dipakai dengan cara kontan dan kredit dengan jangka waktu satu bulan
C. Sistem Distribusi
Sistem distribusi yang digunakan adalah sistem distribusi langsung, artinya langsung menjual kepada konsumen akhir, dan barang-barang langsung diserahkan kepada konsumen ditempat penjualan atau diantar.
D. Promosi
Promosi yang dilakukan dengan cara menyampaikan brosur daftar harga barang kepada konsumen sasaran.
BAB VI
MANAJEMEN
A. Resiko dan hambatan
Resiko yang perlu diantisipasi adalah terjadinya kredit macet akibat penjulan secara kredit; dan hambatan yang dapat terjadi adalah perkembangan pesaing yang ada.
B. Tindakan Alternatif
Tindakan alternatif yang dapat dilakukan dalammengantisipasi kredit macet adalah dengan selektif dalam memberikan memberikan kredit; dan dalam mengantisipasi hambatan dengan cara meningkatkan daya saing secara sehat.
BAB VII
KEUANGAN
A. Neraca
Neraca awal menunjukan :
Debit :
1.1 Kas Rp. 7.500.000,00
1.2 Barang dagangan Rp. 25.000.000,00
1.3 Piutang dagang Rp.
1.4 Perabot Rp. 10.000.000,00
Jumlah Rp. 72.500.000,00
Kredit :
2.1 Utang Rp. 2.500.000,00
3.1 Modal Rp. 40.000.000,00
Jumlah Rp. 42.500.000,00
B. Proyeksi Aliran Kas
Aliran kas diproyeksikansebesar Rp. 15.000.000,00 setiap bulan. Untuk keperluan pengadaan barang dagangan Rp. 10. juta dan gaji/upah karyawan Rp. 3 juta.
C. Analisis Titik Pulang Pokok
Titik p[ulang pokok terjadi jika harga jual sama dengan harga beli ditambah biaya-biaya seperti transportasin tenaga kerja, pajak, dan pelayanan.
D. Sumber permodalan
Modal usaha berasal dari :
1. Harta Pribadi yang dipisahkan untuk usaha
2. Pinjaman, berupa kredit Bnk Jabar
BAB VIII
KESIMPULAN
Barang tersebut barang dagangan elektronik dapat dipasarkan dengan mudah dan harga terjangkau juga mudah didapat.
BAB XI
PENUTUP
Mudah-mudahan usaha yang saya rintis bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi semua orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar